Friday 6 May 2016

PSHT Hati bersinar


Mengupas Makna dari Hati Bersinar

 Hati bersinar yang selama ini selalu ada di dada sebelah kiri sakral latihan kita memiliki makna yang amat dalam dan luhur. bersinarnya hati yang mampu membuat terang benderang keadaan sekelilingnya. Tak peduli seredup
apapun sinar itu hati kita itu, tetapi tak pernah menyerah mencoba menyinari hati orang-orang disekitarnya. Dengan dilandasi kesabaran yang tidak ada batasnya, kesabaran yang Ikhlas untuk berbuat demi sesamanya tanpa memerdulikan tempat dan waktu,serta suasana hatinya yang mungkin tidak bersahabat.

Selain melatih kesabaran Diri,kita jugaharus mampu memberikan kasih sayang secara adil kesemua makhluk,ndak boleh pilih kasih dalam menyayangi orang hanya karena kedudukan atau keturunan serta kekayaannya.seperti lambang PSHT itu sendiri yang berupa hati bersinar kesegala arah,bukan cuma bersinar ke Atas saja atau ke kiri saja namun mencakup semua arah,Setia Hati harus mampu memancarkan Cinta Kasih ke segala penjuru

SETIA HATI TERATE mengajarkan diri kita selalu berbuat adil, semakna dengan  bunga Teratai pada lambang organisasi yang tidak membeda-bedakan sesamanya baik itu kaya-miskin,tua-muda,hitam-putih. Hati bersinar mempunyai makna yang lebih dalam tentang kesabaran, berlaku adil, dan kasih sayang kepada sesama manusia. namun bukan berarti karena kita berhak memberikan kasih sayang kita kepada siapapun,lantas kita melupakan kasih sayang Tuhan,kasih sayang Tuhanlah yang harus tetap kita jaga dan kita syukuri keberadaannya. kadang ada orang yang merasa kesepian dan sendirian walaupun Ia berada di keramaian,itu semua karena ia merasa Tuhan tidak menyayanginya sehingga Ia Jauh dengan Tuhan.

Lantas apakah Batas kesabaran itu? ternyata kesabaran juga mempunyai batas,dan batas dari kesabaran itu adalah KEMATIAN! dapat disimpulkan bahwa selama kita masih hidup wajib bagi kita untuk tetap bersabar dan bertawakkal.Jangan pernah menganggap bahwa masalah hidup yang kita hadapi selama ini adalah Siksa atau Adzab,justru Kita harus menganggapnya sebagai cobaan dan sebagai bukti kasih sayang Tuhan Kepada Kita,karena buktinya Tuhan masih mau mencoba dan menguji kita,kalau Tuhan tidak sayang dengan kita pasti kita sudah dibiarkan terombang-ambing sendiri tanpa pegangan.

Kita juga harus selalu mengingat-ingat,setiap yang kita perbuat pasti ada timbal balik yang setimpal pula. Jika kita menanam hal baik, maka akan berbuah baik pula begitupun sebaliknya. Hukum karma, begitu masyarakat jawa menyebutnya. Adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari.apapun yang kita dapat hari ini adalah buah/hasil dari perbuatan kita selama ini,jadi kita harus selalu menjaga hati serta jiwa kita dan menjaga perbuatan kita.

Tugas kita sebagai manusia SH sangat sederhana,yaitu sabar,bersyukur,serta berlaku adil serta penuh kasih sayang ke segala penjuru,dengan demikian kita akan mampu mewujudkan apa yang dicita-citakan dalam Persaudaraaan Setia Hati Terate yaitu sebagai lembaga pemancar cita.







No comments:

Post a Comment